Tumbuhan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Tumbuhan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Tumbuhan Langka yang Dilindungi di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman hayati yang sangat beragam. Apalagi, Indonesia beriklim tropis jadi membuat tanahnya menjadi subur dan memunculkan beragam tanaman endemik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sayangnya, tidak semua tumbuhan di Indonesia lestari. Ada beberapa tumbuhan yang telah masuk sebagai daftar tanaman langka sebab populasinya semakin sedikit. Sehingga tumbuhan yang dilindungi ini punya populasi sedikit karena daerah persebarannya terbatas dan habitatnya yang spesifik.

Ada sebanyak 127 jenis tanaman yang dilindungi berdasarkan Peraturan Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan Satwa yang Dilindungi.

Berikut 6 daftar tumbuhan langka yang dilindungi di Indonesia.

1. Acung Jangkung

Nama ilmiah dari tumbuhan ini adalah Amorphophallus decus-silvae. Acung jangkung yang berstatus rawan merupakan tumbuhan endemik karena hanya bisa di temukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Jumlah keberadaan Acung Jangkung di perkirakan 10.000 saja di alam liar. Sebab, kawasan tumbuhnya Acung Jangkung beralih fungsi menjadi perumahan.

2. Gedeper

Tumbuhan dengan nama ilmiah Mangifera gedebe ini sejenis mangga-manggaan. Tumbuhan ini dapat tumbuh setinggi 30 meter dan diameter batang 60 cm. Gedeper dapat di temukan di Jawa Barat, Sumatera, dan Kutai.

Baca Juga: Ikan Paling Mematikan di Dunia

3. Orchidaceae

Jenis tanaman anggrek-anggrekan ini punay daerah pesebaran terbatas, yaitu Halimun dan Gunung Karang di Jawa Barat. Penurun jumlah anggrek jenis ini di sebabkan kerusakan hutan. Saat di teliti LIPI, jumlahnya hanya sekitar 50-100 tanaman.

4. Rotan Inun

Jenis tumbuhan palem-paleman ini bisa tumbuh setinggi hingga 20 meter. Nama ilmiah dari rotan inun adalah Calamus scabridulus Becc. Keberadaan rotan inun masuk dalam status genting karena hutan alami sudah berubah menjadi pemukiman dan hanya bisa di temukan di Bangka Belitung.

5. Keruing Bunga

Jenis tumbuhan meranti-merantian ini berstatus terancam punah akibat pengalihan fungsi lahan dan kebakaran hutan. Akibatnya, populasinya semakin turun. Lokasi penyebaran Keruing Bunga ada di Jawa, Bali, Sumbawa, dan Kalimantan.

6. Kantong Semar Bertaring

Nama ilmiahnya Nepenthes bicalcarata, di incar sebagai tanaman hias. Kantong Semar Bertaring punya pertumbuhan yang lambat sehingga mengalami penurunan jumlah signifikan.

Kondisi ini di perparah kerusakan habitat. Lokasi persebaran kantong semar bertaring hanya bisa di temukan di Kalimantan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *